#EcoCare CitraRaya Ajak Warga Tiga Cluster Pilah Pilih Sampah Jadi Berkah

Sebagai salah satu perumahan terbesar dan terlengkap di Tangerang, CitraRaya memiliki fasilitas lengkap dalam memanjakan warganya, salah satunya adalah masalah sampah. Melalui program berkesinambungan Eco Culture yang menjadi budaya perusahaan, CitraRaya dilengkapi dengan kawasan pengelolaan sampah mandiri diatas lahan seluas 4 hektar. Melalui program Eco Culture, CitraRaya secara rutin mengadakan berbagai kegiatan untuk mengajak warganya untuk memanfaatkan sampah menjadi berkah melalui kegiatan Eco Care yang bertemakan “Pilah Pilih Sampah Jadi Berkah” yang dilaksanakan di Cluster Graha Pesona, Graha Raflesia dan Graha Segovia pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Dengan populasi warganya yang mencapai lebih dari 65 ribu jiwa, CitraRaya tentunya menjadi kawasan yang besar, otomatis pula berkontribusi menghasilkan sampah rumahtangga yang besar. Dimana, setidaknya setiap hari tempat pengolahan sampah mandiri CitraRaya kedatangan puluhan truk pengangkut sampah rumah tangga. Meski demikian, pengolahan sampah mandiri CitraRaya dilengkapi dengan pengolahannya secara mandiri. Dimana, hasil pengolahan dengan menjadikan sampah menjadi pupuk organik, cukup berhasil digunakan untuk pemupukan tanaman di seluruh kawasan CitraRaya.

Keberhasilan CitraRaya dalam melakukan pengelolaan sampah secara mandiri, memang tidak lepas dari peran manajemen semata, peran seluruh lapisan masyarakat CitraRaya juga memiliki andil yang sangat besar atas keberhasilan tersebut. Untuk itu, berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat pun menjadi agenda rutin bagi CitraRaya. Salah satunya adalah kegiatan EcoCare yang bertemakan “Pilah Pilih Sampah Jadi Berkah” dengan mengajak warga Graha pesona, Graha Raflesia dan Graha Segovia untuk dapat berperan aktif dalam memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi berhak dan memiliki nilai tinggi dengan dijadikan berbagai produk yang bisa dijual.

Deputy General Manager Estate Management PT Ciputra Residence, Meita Mediawati mengatakan CitraRaya tidak hanya memiliki kewajiban untuk menyiapkan fasilitas, namun juga memiliki tanggungjawab untuk mengedukasi warganya agar berperan aktif dalam melakukan pengelolaan sampah rumah tangga untuk bisa berdaya guna juga bernilai. Dalam kegiatan EcoCare tahun ini sekaligus dalam rangka peringatan HUT CitraRaya yang ke-24 dengan melaksanakan rangkaian kegiatan Eco Celebration. Ada EcoBike, EcoRoboc, EcoRun, dan EcoCare yang telah dilaksanakan pada 26 Agustus lalu.

“Tingginya sampah rumah tangga tidak hanya dikontribusi oleh besarnya warha yang mendiami kawasan itu, tapi juga dikontribusi oleh pola pengetahuan masyarakat akan sampah itu sendiri. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari sampah rumah tangga ditumpuk salah satu wadah tanpa memilahnya. Mana yang bisa didaur ulang, dijadikan kompos atau sampah berbahaya. Dengan adanya kegiatan EcoCare yang kami mulai di 3 cluster ini, kami harapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam melaksanakan pemilahan sampah organik, nonorganik dan berbahaya yang bisa dimulai dari rumah masing-masing,” jelas Meita dalam sambutan pembukaan kegiatan EcoCare di Graha Raflesia, Minggu 26 Agustus 2018.

Meita menuturkan, selain untuk memberikan edukasi pengelolaan sampah rumah tangga, warga juga diajak untuk turut berperan dalam pengolahan sampah untuk memilah, memilih dan mendapatkan berkah dari hasil pengolahannya. “Tanpa kita sadari, sampah juga masih memiliki nilai yang cukup tinggi jika kita lebih kreatif memproduksi berbagai produk berbahan dasar sampah. Untuk itu, kita mengajak aktivis dari Taman Baca masyarakat (TMB) untuk memberikan edukasi dan memberikan pelatihan pembuatan berbagai produk berbahan dasar sampah,” jelas Meita.

Dalam kegiatan ini, lanjut Meita, masyarakat sangat antusias dan lebih terbuka dalam menyikapi persoalan sampah. Terlebih, warga jadi mengetahui bagaimana beratnya bersentuhan langsung dengan sampah, selain bau yang menyengat dan kotor. “Sebagai puncak dari kegiatan ini, warga akan mendapat pendampingan secara khusus dari TBM untuk dapat memproduksi barang berbahan dasar sampah. Dan pada acara serangkaian EcoCeleration nanti, CitraRaya akan menyediakan stand khusus untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk-produk hasil sampah tersebut,” pungkas Meita.

Related Posts