Pentingnya Sistem Drainase yang Baik di Kawasan Perumahan

Secara pengertian, drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan. Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju laut, sungai, danau, sumur dan saranan resapan lainnya. Untuk itu, diperlukan sistem drainase yang baik, khususnya di kawasan yang ramai penghuni seperti perumahan maupun perkampungan.

Mengenal pentingnya sistem drainase di perumahan

Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanahm dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada. Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Dua jenis sistem drainase

Dilihat dari cara terbentuknya, drainase terbagi menjadi dua, yakni drainase alam dan drainase buatan. Drainase alam terbentuk akibat gerusan air yang membentuk jalan air permanen seperti sungai. Sementara drainase buatan yaitu saluran atau bangunan khusus yang dibuat oleh manusia. Konstruksinya bisa mirip dengan drainase alami, namun keunggulannya mampu dibentuk menyesuaikan kebutuhan.

Adapun secara konstruksi, sistem drainase terbagi menjadi dua jenis, yaitu saluran tertutup dan saluran terbuka. Saluran tertutup umumnya dipakai untuk mengaliri air kotor. Saluran seperti ini sering ditemui di perumahan atau pemukiman. Sementara saluran terbuka, meski memiliki fungsi yang relatif sama, lebih cocok digunakan untuk meneruskan drainase air hujan (menampung volume air besar).

Sistem drainse tertutup lebih cocok untuk perumahan

Khusus sistem drainase tertutup, memang dibutuhkan perhatian ekstra mengingat vitalnya fungsi sistem ini. Selain berisi aliran air hujan, limbah rumah tangga juga menjadi ‘tanggung jawab’ sistem drainase tertutup. Dibuatkan tertutup karena jika dibiarkan terbuka akan meninggalkan bau yang menyengat. Oleh karena itu, sistem drainase tertutup cocok diaplikasikan di perumahan.

Jenis drainase tertutup tak sebatas selokan saja. Ada yang berbentuk talang, kanal, dan gorong-gorong. Secara fungsi terbilang sama, yaitu mencegah terciptanya genangan pada jalan atau tanah, yang lebih lanjut mencegah banjir. Tak cuma itu, sistem drainase tertutup juga kerap kali dibuat guna mengedepankan estetika, keindahan dan efektivitas.

Sistem drainase yang baik di Cluster Pine Trees CitraRaya

Salah satu model sistem drainase yang baik bisa didapatkan di Cluster Pine Trees CitraRaya, Tangerang. Di hunian strategis ini, sistem drainasenya sudah sangat baik sehingga nyaman dan aman buat penghuninya. Ancaman banjir pun otomatis terkikis secara otomatis karena alirannya yang lancar. Selain mengutamakan fungsi, faktor estetika juga diperhatikan, sehingga kawasan di Cluster Pine Trees terlihat sangat rapi. Dengan sistem drainase yang baik dan rapi, anak-anak dan orang tua tak perlu khawatir mengalami musibah karena keamanan yang terjamin.

Cluster Pine Trees dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lainnya, seperti club house yang didalamnya terdapat lounge area, swimming pool, dan gym. Anda dan keluarga bisa menikmatinya saat akhir pekan atau hari libur. Tidak hanya itu, cluster yang terdapat di perumahan CitraRaya ini juga dirancang dengan jaringan kabel bawah tanah sehingga kawasan perumahan terlihat rapi. Tidak ketinggalan sistem CCTV untuk memastikan keamanan penghuni.

Sekarang Anda sudah lebih paham tentang pentingnya sistem drainase yang baik, terutama di kawasan perumahan. Jadi, jika berencana membeli rumah, pastikan kawasan tersebut memiliki sistem drainase yang baik seperti Cluster Pine Trees di CitraRaya. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat klik.