5 Inspirasi Dekorasi Dapur Minimalis dan Estetik

Dapur merupakan salah satu ruangan paling penting yang ada di dalam rumah atau hunian lain. Mengingat manusia tidak bisa hidup tanpa makanan, sudah seharusnya Anda membuat dapur dengan desain senyaman mungkin. Tidak perlu khawatir jika lahan untuk dapur cenderung terbatas, Anda bisa menerapkan desain dapur minimalis di rumah Anda. Berbekal beberapa inspirasi dekorasi di bawah ini, menciptakan dapur minimalis sekaligus estetik tidak lagi mustahil.

Dapur mungil dengan jendela

Lahan yang terbatas memang rentan membuat sebuah ruangan terasa sumpek. Namun, hal tersebut bisa dihindari selama Anda tahu cara menanganinya. Nah, untuk dapur minimalis, salah satu cara ampuh untuk membuat lahan terbatas terasa lebih “lega” adalah dengan memasang jendela. Anda bisa memasangnya di atas area cuci piring.

Lebih dari itu, jendela juga berfungsi sebagai jalur masuknya sinar matahari dan sirkulasi udara. Nah, sinar matahari yang terang ini akan membuat dapur minimalis Anda terasa lebih luas dan besar. Anda juga tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari sehingga lebih hemat listrik. Selain itu, saat memasak Anda bisa membuka jendela sehingga aroma masakan tidak terkurung di dalam rumah.

Dapur minimalis rak terbuka

Di dapur, Anda tentu menyimpan begitu banyak perlengkapan makan dan memasak. Namun, untuk dapur minimalis, Anda disarankan untuk tidak menyimpannya pada kabinet tertutup karena akan membuat ruangan terasa sesak. Untuk menciptakan kesan lapang, lebih baik jika Anda meletakkan berbagai perlengkapan tersebut pada rak dinding terbuka. Nilai plus lain dari pemasangan rak jenis ini adalah menghindarkan perabotan Anda dari kondisi lembap sekaligus memudahkan Anda saat mencari barang.

Dapur bertema monokrom

Desain minimalis memang identik dengan warna bertema monokrom yang biasanya terdiri dari hitam, putih, dan abu-abu. Anda juga dapat menerapkannya pada dapur minimalis Anda, lho.

Cobalah berdiskusi dengan keluarga untuk menentukan warna mana yang akan menjadi warna dasar dapur. Jika memang ingin menciptakan nuansa yang terang, warna putih sangat layak dipilih. Lalu, tambahkan aksen hitam pada kaki-kaki kursi, toples-toples yang digunakan di dapur, atau gagang pintu kabinet. Sedangkan, warna abu-abu bisa Anda pilih untuk meja marmer.

Dapur bernuansa putih dan terang

Ingin memiliki dapur minimalis bernuansa terang tanpa harus menerapkan tema monokrom? Tidak ada pilihan terbaik selain menggunakan warna putih pada dapur Anda. Terlebih, sudah menjadi rahasia umum bahwa warna putih bisa memberikan efek lebih luas pada ruangan dengan lahan terbatas. Dengan menerapkan warna putih pada dapur minimalis, tidak hanya ruangan terasa lebih terang dan luas, dapur Anda juga akan terlihat simpel dan tetap stylish!

Dapur modern multifungsi

Memiliki dapur minimalis dengan lahan terbatas artinya Anda harus jeli memanfaatkan setiap space yang ada. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan perabotan berukuran besar dan bulky karena akan membuat dapur terasa sempit. Sebaliknya, pilihlah perabotan-perabotan yang hemat tempat dan multifungsi.

Contohnya adalah laci penyimpanan yang ketika ditarik bisa digunakan sebagai meja untuk memotong bahan-bahan makanan. Bisa juga dengan memasang tempat cuci yang bisa berfungsi sebagai talenan. Saat hendak memuci, Anda bisa menggeser talenan ke samping, kemudian menggesernya kembali ke tengah saat akan memotong bahan makanan. Perabotan multifungsi seperti ini tentu akan sangat menghemat tempat.

Dari kelima inspirasi desain dapur minimalis di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda? Masih berasa bingung memilih? Anda bisa menghindari kebingungan tersebut jika membeli hunian di Certara Park, cluster terbaru di Lugano Lake Park Citra Raya. Hadir dengan tema minimalis, ruangan-ruangan di dalam rumah sudah pasti didesain dengan tema yang sama pula, termasuk area dapur. Anda pun bisa melakukan aktivitas memasak dengan nyaman.

Cluster Certara Park dipasarkan mulai harga Rp618 juta, sudah termasuk PPN. Segera kunjungi halaman ini atau hubungi bagian pemasaran melalui nomor (021) 5960888 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!