Penuhi 5 Syarat Ini untuk Bisa Kredit Rumah

Kredit rumah sampai saat ini banyak dipilih oleh sebagian besar orang untuk memiliki hunian idaman. Namun, dalam mengajukan kredit rumah tentunya ada berbagai macam persyaratan yang harus Anda penuhi. Terlebih lagi bila Anda baru pertama kali membeli rumah, khususnya di kawasan perumahan terbaik dan lokasi yang strategis. Apa sajakah persyaratannya?

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Mengajukan kredit rumah memang bukan perkara mudah. Bahkan ada sebagian orang yang bilang memilih rumah ibarat memilih pasangan. Hal ini karena rumah bukanlah sekadar tempat tinggal dan tempat berteduh semata. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih Anda sebaiknya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai syarat-syarat kredit rumah.

Kredit rumah ini biasa diberikan oleh pihak bank dan bisa juga diberikan langsung oleh pengembang. Anda perlu untuk memperhatikan persyaratan yang ada. Sebab, bisa saja persyaratan tersebut berubah tanpa Anda ketahui. Khususnya untuk rumah-rumah yang mendapatkan subsidi dari pemerintah semisalnya.

Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Setelah Anda menggali informasi dan membaca semuanya dengan jelas mengenai kredit rumah tersebut, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen yang ada. Dokumen di sini ada dua jenis yakni untuk dokumen pribadi maupun dokumen rumah yang akan Anda beli tersebut. Untuk dokumen pribadi beberapa di antaranya adalah:

  • Fotokopi KTP/Paspor/KITAS/KITAP suami dan istri apabila sudah menikah
  • Melampirkan kartu keluarga maupun bukti nikah bagi yang telah menikah
  • Slip gaji bulan terakhir maupun surat keterangan gaji
  • Fotokopi akta perusahaan atau SIUP bagi pengusaha
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi kartu kredit dan tagihan bulanan kartu kredit satu bulan terakhir.

Sementara itu, beberapa dokumen rumah yang akan dibeli perlu pula untuk diperhatikan dan dicek sebelum memutuskan kredit rumah. Adapun dokumen rumah tersebut antara lain:

  • Fotokopi sertifikat tanah
  • Fotokopi surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Fotokopi surat tanda jadi dari pengembang maupun penjual rumah

Persyaratan Penting Lainnya

Selain persyaratan mengenai dokumen-dokumen tersebut, ada pula persiapan lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Persyaratan ini lebih bersifat umum dan berlaku bagi siapa saja yang ingin mengajukan kredit rumah. Beberapa di antaranya ialah:

  • Warga negara Indonesia
  • Usia minimal adalah 21 tahun atau telah menikah
  • Memiliki pekerjaan maupun penghasilan tetap baik sebagai pegawai negeri, swasta, maupun wiraswasta yang masa kerjanya minimal satu tahun dan dua tahun untuk swasta
  • Usia tidak boleh melebihi 50 tahun ketika Anda mengajukan permohonan kredit rumah

Pertimbangkan Pengembang Maupun Pihak Bank

Kemudian persyaratan berikutnya bila ingin kredit rumah adalah mempertimbangkan pengembang maupun pihak bank. Dalam hal ini adalah reputasi dari pihak pengembang, sebaiknya Anda pilih pengembang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia properti. Di Indonesia, salah satu contohnya adalah Ciputra. Begitu pula dengan pihak bank yang akan Anda pilih ketika ingin mengajukan KPR.

Sebaiknya hindari transaksi di bawah tangan yang mengedepankan dasar kepercayaan. Bila rumah tersebut masih dalam status jaminan bank, sebaiknya lakukan pengalihan kredit atau take over di bank yang bersangkutan.

Ketahui Kondisi Rumah Dengan Baik

Terakhir, Anda perlu untuk mengetahui kondisi rumah dengan baik. Misalnya di manakah letak posisinya, fasilitas apa yang diberikan. Bila Anda menginginkan rumah dengan nilai investasi tinggi, sebaiknya pilih kredit rumah yang ada di perumahan cluster. Contohnya saja adalah cluster Certara Park dan Curegia Park dari CitraRaya.

Selain memberikan kemudahan dalam pembayaran kredit rumah, kedua cluster tersebut memiliki fasilitas unggulan lainnya seperti rumah dua lantai yang memiliki taman. Selain itu, juga dilengkapi dengan sistem keamanan terpadu yang membuat Anda menjadi lebih mudah dan nyaman beraktivitas.

Mudah bukan persyaratan untuk bisa kredit rumah terbaik untuk Anda? Jadi, Anda bisa memperhatikan ulasan di atas sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli rumah di cluster perumahan terbaik.